Rabu, 28 Desember 2016

Mencegah Timbulnya Jerawat



Cewek ataupun cowok yang udah memasuki masa pubertas, dapat dipastikan pernah mengalami masa-masa dimana jerawat banyak tumbuh di muka maupun badan.Jerawat yang timbul kadang datang disaat yang tidak tepat contohnya saat mau ketemu temen, pacar, gebetan atau bahkan selingkuhan dan saat-saat penting lainnya.

Jerawat kadang membuat orang minder dan kurang percaya diri terhadap penampilannya terutama cewek-cewek.Cewek-cewek bahkan datang ke sekolah atau kampus dengan memakai masker untuk menutupi jerawat yang tumbuh (True Story temen)..Hal ini wajar dikarenakan jerawat dapat dilihat dengan jelas oleh orang yang menatap.Meskipun begitu, jerawat juga merupakan hal yang wajar bagi cewek ataupun cowok yang telah pubertas.Hal ini dikarenakan saat remaja, produksi hormon-hormon meningkat yang salah satunya menyebabkan timbulnya jerawat.


Jerawat Wajah


Jerawat merupakan benjol kecil yang umumnya terdapat dimuka akibat dari terhambatnya pori-pori pada kulit yang menyebabkan area disekitarnya mengalami pembengkakan kecil.Jerawat ini timbul dikarenakan berbagai faktor seperti saat stres, muka kotor, Penggunaan kosmetik yang berlebihan ataupun tidak sesuai dengan jenis kulit, kurang minum air putih dan sebab-sebab lainnya.

Saat jerawat timbul, hindari untuk memencet jerawat.Hal ini dikarenakan jika jerawat meletus? pecah? atau apalah itu, maka akan menyebabkan jerawat jadi berbekas.Untuk mengatasi jerawat, kalian dapat melakukannya dengan bahan alami homemade ataupun dapat juga berkonsultasi dengan dokter kulit.

So...buat kalian yang ingin mencegah jerawat muncul diwajah, karena sesuai dengan pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Membersihkan wajah secara teratur

Kita dapat mencegah jerawat dengan rajin membersihkan wajah.Membersihkan wajah disini tidak       harus memakai kosmetik.Dapat juga dengan mencuci muka untuk mengurangi minyak                     berlebih.Namun jangan terlalu sering mencuci muka, hal ini akan mengakibatkan kulit wajah kering akibat hilangnya minyak pada kulit.

2. Minum 8 gelas air putih sehari

Meminum air putih ini agar tubuh dapat terhidrasi dan fungsi tubuh berjalan dengan normal dan bekerja semestinya.Selain itu, kekurangan air putih menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan mendatangkan penyakit.

3. Rajin olahraga

Rajin olahraga membuat tubuh mengeluarkan keringat.Keringat akan keluar melalui pori-pori tubuh.Pada saat olahraga dan berkeringat, maka pori-pori akan membesar dan keringat akan keluar bersamaan dengan kotoran yang menyumbat pori-pori.Jadi rajin olahraga dapat membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat wajah.


Lapisan Kulit Wajah

4. Mengunakan masker pencegah jerawat secara teratur

Kalian dapat membuat sendiri masker-masker dari bahan alami seperti wortel, pepaya jeruk atau bahan-bahan lain yang alami dan bermanfaat untuk kulit wajah.

5. Menyingkirkan rambut dari wajah

Rambut yang panjang di bagian dahi saat berkeringat akan membuat dahi kotor dan menyebabkan dahi berjerawat.Usahakan rapikan rambut agar tidak menutupi dahi saat akan beraktifitas.

6. Meminimalisir penggunaan kosmetik

Jangan terlalu sering menggunakan kosmetik.Kosmetik yang terlalu berlebihan malah akan merusak kulit wajah.Usahakan mencari kosmetik yang cocok untuk kulit dan sesuai dengan tipe kulit wajah, apakah kulit normal, berminyak ataupun kering.

7. Hindari memencet jerawat

Usahakan jangan memencet jerawat yang muncul.Memencet jerawat akan menyebabkan infeksi dan menyebabkan bekas jerawat.Bekas jerawat tentu saja sangat mengganggu bagi kalian yang ingin wajahnya mulus.


Selain cara - cara diatas, terdapat banyak hal-hal lain lagi yang perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya jerawat di wajah antara lain : Menghindari stres, tidur tepat waktu dan menjaga kebersihan diri.Cara-cara diatas dapat bekerja dengan baik jika dilakukan secara teratur karena segala sesuatu yang dilakukan secara teratur akan nampak hasilnya.

Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.Terimakasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar